Sabtu, 14 April 2012

Belajar dari sesendok Mangga

Selamat Gini Hari...!!!


Hari ini bau-baunya rujak mangga muda kayanya ya, di samping galau ngeliatin nasib mangga yang siap panen tapi udah pada di makanin codot,  nasib... nasib.... 
Penulis kolpak yang hobby tersenyum tiap pagi asal nggak di bangunin secara kasar ini kembali menyapa anda pemirsa setia dalam blognya yang tentu kolpak pula bak mangga mengkel yang berjatuhan....

Masih tentang sesuatu yang inspiratif ya sob... 

MANGGA



Gue    : Pak, mau numpang tanya...
Orang : Iya neng geulis, aya naon ? (sunda)
Gue    : Rumahnya Ujang yang suka kacang panjang dimana ya ?
Orang : O..kurang tau neng, disini adanya ujang yang suka telanjang
Gue    : (Nelen ludah) O..gitu ya, pak.. makasih ya pak, mari pak..
Orang : Mangga...
Gue    : ??? mau dong pak !
Orang : Apa ?, Neng mau ujang yang suka telanjang ? *oh GoD !
Gue    : Tadi bapak nawarin saya Mangga kan Pak ?
Orang : Pede banget lu..


Bulan ini mangga depan rumah saya lagi berbuah, buahnya sudah sekepalan tangan orang dewasa, terakhir panen rasanya tuh manis tapi nggak kemanisan, pas lah pokoknya... cuma saya nggak tau apa jenis mangga itu,  tapi yang disayangkan jumlah buahnya nggak terlalu banyak di banding tahun lalu yang melimpah, penyebabnya angin biang kerok yang berhembus ketika si mangga masih kanak-kanak, akibatnya mereka terseleksi berguguran, sedih meihatnya tapi seleksi alam memang berlaku bagi semua yang hidup.

Pagi ini aku melihat sebuah mangga yang lebih besar dari yang lainnya (mungkin mbah-nya), sepertinya sudah matang dan siap makan tapi yang naasnya saya melihat mangga itu sudah terperosok kedalam comberan depan rumah yang hitam pekat, sungguh sedih hati saya bak teriris-iris oleh gergaji besi. (HAH ???).

Jadi terinspirasi nih, pelajarannya : 
Kita selalu berusaha dan berharap agar sesuatu jadi milik kita atau kita bisa memanfaatkan dan menikmatinya, seindah apapun itu, sebagus apapun itu kita melihatnya, Ternyata menyakitkan ketika mengerti dia bukan milik atau bukan untuk kita yang selalu mengharapkan dan menjaganya. dia pergi dengan seribu keindahannya yang menyilaukan mata, alangkah sia-sianya pengharapan kita.

Saya mengambil sebuah ranting dan bermaksud membaliknya, ternyata jatuh karena memang di baliknya sudah pecah busuk di makan codot.

Terinspirasi lagi nih, Pelajaran selanjutnya :
Dia yang pergi meninggalkan kita, ternyata memang bukan yang terbaik untuk kita, tidak sepantasnya kita mendapatkannya atau memakannya, dia memang rezekinya si codot yang mungkin lebih membutuhkan karena lapar untuk menyambung hidupnya. 

Hebatlah kita yang sudah berkorban banyak untuk si codot kampret sialan yang menyerobot, menikung kita itu. tanpa kita tahu alasannya kita mudah menyalahkan si codot sialan yang memakan mangga yang kita inginkan, padahal si codot sialan itu lebih membutuhkan untuk menyambung hidupnya yang singkat. kesian dia cuma bisa makan buah doang, kita makan apa aja bisa.. termasuk makan hati dan minum teh botol sorso..


Coba di logikakan dengan perasaan kita, ketika kita sedang mengincar mas atau mbak cute ganteng imut lucu disana, kita selalu mengagumi dan bertekad menjaganya, bahkan kita TTM-an menjalin hubungan teman tapi monyong yang hubungannya bergantung bak jemuran baru di cuci, banyak pengorbanan yang kita lakuin ke dia, pokonya you my everything deh..


Eh, tiba-tiba dia ditikung orang, kita yang berkorban orang lain yg menikmati, kita udah capek-capek menjaga dan menghabiskan banyak duit atau air mata untuknya ternyata dia maunya sama orang lain atau lari ke orang lain, yang jelas-jelas nggak berkorban apa-apa untuknya, dasar KAMPRET CODOOT !!! 


Enak kan nyalahin si codot sialan itu ?, yah apa mau di kata, kita belom rezeki, berarti si buah eh si mas atau mbak cute yang kita incar itu bukan yang terbaik, kita layak loooh mendapatkan yang terbaik.


Di lain pihak si codot eh si penikung layak juga mendapat hak atas hidupnya yang ya... kalo di pikir-pikir lebih beruntung kita, ambil positifnya aja dan jangan egois, si penikung juga butuh orang lain dan memang mungkin bisa dikatakan lebih butuh si mas atau mbak cute yg kita incer..


sikap kita hanya bisa Ikhlas, ya Ikhlas.. ilmu terhebat yang pernah di syaratkan haji romli dalam sebuah film. kata-kata yang mudah terucap namun sulit di jalankan, bagaimana kita merelakan sesuatu yang kita inginkan untuk orang lain dan mungkin itu yang terbaik untuk semua, pihak lain membutuhkan dan kita mendapatkan pahala yang tak terkira dan suatu perasaan kemenangan bathin. kalo kata DEWA 19, menyerahlah untuk menang.. menyerah untuk cinta dan menang untuk ketegaran hati... YEA !!!! Tepok tangan !!!

dari seekor mangga mengkel menggiurkan yang jatuh, kita bisa belajar ikhlas, mulailah dari hal kecil sob....  


Keep Smile, think positif, and go ahead...
Salam...
#Motong mangga mengkel


*BTW, gue pelit dan galak jadi jangan minta mangga ye... awas lu...!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar